Kamis, 02 Juli 2009

Iran Beri Bantuan Tunai 250 Juta Dolar untuk Rakyat Palestina


Pemerintah Iran kembali mengucurkan bantuan tunai untuk rakyat Palestina sebesar 250 juta dolar. Hal tersebut disampaikan PM Palestina Haniyah saat mengakhiri kunjungannya di Teheran Iran, Senin (11/12).
Bantuan itu, seperti dijelaskan Haniyah, meliputi dana bantuan sebesar 100 juta dollar untuk pemerintah, 45 juta dolar untuk gaji pegawai di tiga departemen, yaitu departemen urusan sosial, departemen tenaga kerja dan departemen kebudayaan selama enam bulan ke depan, dan untuk membayar kebutuhan-kebutuhan tahanan Palestina selama enam bulan.
Bantuan juga diberikan kepada 1.000 pekerja Palestina yang menganggur senilai 100 dolar setiap bulan untuk setiap pekerja selama enam bulan ke depan dengan jumlah total 60 juta dolar. Kemudian sebanyak 800 ribu dolar diberikan kepada 300 nelayan Palestina selama enam bulan ke depan.
Dana bantuan lain diperuntukan bagi proyek pembangunan meliputi gedung kebudayaan dan pembukaan perpustakaan dengan nilai 10 juta dolar, serta renovasi 1.000 rumah yang hancur dengan total biaya 20 juta dolar. Iran juga akan membelikan 300 mobil dengan nilai 3 juta dolar. Secara keseluruhan, total bantuan Iran kepada rakyat Palestina sebesar seperempat milyar.
Di samping itu, pemerintah Iran juga berkomitmen mendirikan tiga rumah sakit di Tepi Barat dan Jalur Gaza dengan kapasitas 100 tempat tidur setiap rumah sakit. Juga pendirian 10 klinik spesialis dan jaminan biaya operasinya selama 10 tahun ke depan. Bahkan Iran akan memberikan satu buah pesawat dan reparasi untuk dua pesawat dengan rute penerbangan di Palestina dan Jordania melalui perusahaan Belanda. (was/pic)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar